Rabu, 18 Desember 2013

MEDITASI KANDA PAT



MANTRA DALAM MEDITASI KANDA PAT
Semua kitab-kitab kanda pat sudah pasti berisi banyak sekali mantra-mantra. Mulai dari mantra mandi, makan, bepergian, bekerja, hingga kembali pulang ke rumah dan tidur semua ada mantranya. Dengan mengucapkan mantra tertentu di harapkan seseorang dapat melindungi dirinya dari segala mara bahaya dan berbagai ganngguan lainnya. Mantra juga berfungsi untuk membebaskan diri dari serangan berbagai penyakit, baik yg bersifat phisik maupun kejiwaan (mental). Mantra kalau di ucapkan dengan keyakinan dan penghayatan serta penjiwaan yang sangat tinggi akan membangkitkan suatu gaib, yang kita sebut dengan Kesaktian atau Kesidian.
Kesaktian ini yang akan bekerja lewat pikiran. Melalui pikiran, kesaktian itu di arahkan kepada yang di tuju. Yaitu untuk tujuan pengobatan atau pencegahan suatu penyakit, tolak bala, menolak guna-guna serta segala sesuatu yang sifatnya negative. Mantra yang diucapkan dengan penghayatan dan dengan kesadaran yang tinggi, bias membuat “api” menjadi “air” artinya org yg dikuasai amarah bias menjadi reda dan menjadi sadar. Penyakit kembali ke tempatnya. Semua menjadi anugrah. Semua senjata tidak akan mengena atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya, bahkan racunpun akan kehilangan kekuatan bisanya, tanah dan pohon angker menjadi netral atau tawar.
Supaya tidak ada godaan dan cobaan ketika kita melakukan meditasi, sebelum mantra- yang di ucapkan ada banten yg harus diaturkan kehadapan para bhuta tersebut yaitu : nasi akepel maulam bawang jahe. Canang sari, dupa dan air satu gelas. Dan ini lah mantra-mantra itu :
1. Bhuta mangan mantra.
Ong sang bhuta astera, aja sira amangan mantraning ulun, lamun ingsun wus amantra, sumingahe kita denadoh 3x, lamun ingsun amantra, wehana aku sidi-mandhi, Ong Sa Ba Ta A I Na Ma Si Wa Ya…..ucapkan mantra ini satu kali dengan menahan nafas.
2. Pangempet bhuta
Ih Kalika empet, kal mretyu empet, kala garuda empet, kala bagatra empet, kala anje-anje empet, banaspati empet, banaspati raja empet, mrajapati empet, angga pati empet, bhuta borong empet, bhuta singo empet, kala basukih empet, kala desti empet, kala wisesa empet, kala reregek empet, kala nyekpupu empet, kala tangan-tangan empet, Ikapet mengapet risariranta, ring sarira awak saterunku kabeh, metune ring sarirankune, kasidianku, poma, poma, poma.
Masing-masing mantra di atas mempunyai kegunaan yang hampir sama.
Bhuta mangan mantra: mempunyai sifat menjinakkan bhuta kala supaya tidak mengganggu pikiran seseorang baik secara lahir maupun bathin.
Pangempet bhuta : setelah kita jinakkan bhuta kala tersebut, lalu kita tutup pintu supaya setan, sihir dan sebangsanya tidak bisamenggangu meditasi kita. Dan juga manfaat ke 2 mantra tersebut diatas berguna pulauntuk membantu meredakan amarah seseorang yang menderuta sakit jiwa. Untuk menolak bala ( leak, desti, teluh terangjana) ucapkanlah mantra itu masing-masing 3x.
3. Tetangin mantra.
Hanya gengan menyatukan pikiran ( nunggalang idep )
Ih manusa pada, manawa pada, mulih ring hati, atemahan Sanghyang Menget, ingsun anyeraya dewata kabeh, umungguh ta sigra ya, Ong Hyang Brahma, Hyang Wisnu, isep ring tinggal, inget ring hati, teka menget 3x. mantara ini di ucapkan 3x.
Mantra ini berfungsi untuk menyatukan pikiran atau mengarahkan bathin kita ke suatu pikiran yg suci.
4. Pengiketan mantra
Hanya dengan nunggalang idep jati
Ong Paramasiwa Ya Namah Swaha…ucapkan 3x
Sekarang pikiran kita sudah betul-betul tidak tergoyahkan untuk melaksanakan meditasi Kanda Pat. Carilah tempat yang tenang , sepi, sejuk. Duduklah dengan tenang.
Ambil sikap meditasi dan mulailah mengucapkan mantra-mantra yang tersebut di bawah ini…

I Mantra-mantra untuk saudara 4 kita :
a. I Ratu Ngurah Tangkep Langit…mantranya…Ang Ung Mang sram..5x
b. I Ratu Wayan Tebeng……mantranya…Ang Ung Mang Ong Tyam…9x
c. I Ratu Made Jelawung…..mantranya… Ang Ung Ong Sram Tyam…7x
d. I Ratu Nyoman Sakti Pengadangan mantranya ..Ang Ung Mang Tyam Am…4x
e. I Ratu Ketut Petung…mantranya…Ang Ung Eng Am Nam Sram Ong…8x
Ucapkanlah mantra- mantra diatas dengan kesungguhan hati agar Beliau berkenan membimbing kita kearah kesucian lahir dan bathin. Selanjutnya kita akn mengucapkan mantra kesidian Sanghyang Tiga Sakti.
1. Yan pura desane ring bhuana agung, dewanya ngaran Sanghyang Titah. Yaning ring bhuana alit, Bayu ngaran bale agung, dewanya Iratu Mas Ayunan, Penataranya ring ampru (empedu).
Inilah aksara utama/ mantranya :
f. ONG Eng Am Eng Nam Sam Yam……..amantra 9x
2. Yan pura puseh ring bhuana agung dewanya Sanghyang Yogi Iswara. Yan ring bhuana alit Sabda ngaranya, dewanya ngaran I Ratu Mas Manik Menik. Penatannya ring papusuhan (jantung).
Inilah aksara utama/mantranya :
g. Ang Ung Mang Ong Sang Sang..amantra 3x……..mantra untuk
mengobati orang….5x
3. Yan pura dalem ring bhuana agung dewanya Dewa Amertha, yan ring bhuana alit Idep ngaran. Dewanya I Ratu Manik Angkeran, Penataranya ring hati. Aksara/mantranya :
h. Ang Ung Mang Syah……amantra 3x…untuk nerang amantra 11x.
selanjutnya kita akan mengucapkan mantra I Meme lan I bapa ( Bapa Akasa Ibu Pertiwi)…….
1. Yan ring bhuana agung , I Meme meraga Pertiwi (tanah) Meparab I Sumur Ireng. Yan ring bhuana alit I Meme melinggih ring Angkihan (nafas), ngaran Ni Sumelang.pasurupan idane ring surya kiwa( mata kiri), meraga geni(api), muah Tirta kamandalu. Ida wenang ngedasin salwiring lara sajeroning weteng. Aksara utamanya/mantranya :
i. Ang Ung Mang Mang
Ong Ang Ung Ang Mang…….amantra…5x
2. Nalih I Bapa, aksara meparab ika Batu Tunggal. Yan ring bhuana alit, ida taler magenah ring angkihan ( nafas) meraga tirta Pawitra. Ida wenang nyaga satru ring rahina wengi, yadin sirep(tidur). Ida sane ngraksa uripe. Aksara utamanya/ mantranya :
j. Eng Eng Eng Ang Ang Ang Mam Mam Mam amantra 7x
Pasurupan idane ring surya tengen (mata kanan).
Jadi ke sepuluh mantram dari a – j di atas yangg di ucapkan dlm melakukan meditasi kanda pat

1 komentar:

  1. apakah kanda pat itu ilmu asli bali??? Sedangkan dijawa juga dikenal dgn sedulur papat...dibagian bagian kanda pat juga ditemukan kata kata,sprti iselabir,imekair...srpti arab....dan juga pernah saya baca ada kata selam.(islam) mungkin ada pengaruh jaman itu?

    BalasHapus