AJARAN
KANDA PAT SARI
Inilah ajarannya KANDA PAT SARI .
Kanda = tutur = petuah = cerita = tetingkah = kesaktian = kesidian = kewisesan.
Pat = empat Sari = utama jadi, Kanda Pat Sari berarti empat macam ajaran yang
utama tentang ilmu kesaktian, kesidian dan kewisesan.
Beginilah ceritanya : pada waktu
kita lahir ke dunia ini, pada saat yg sama lahir pula Sanghyang Panca
Mahabutha, yang lahir bersama-sama dengan Sanghyang Tiga Sakti. Beliaulah
Sanghyang Tiga Sakti amor ring Buwana Agung, kemudian dipuja oleh semua mahkluk
hidup di dunia. Beliau di puja di Pura Desa, Pura Puseh, Pura Dalem.
Sedangkan Sanghyang Panca Mahabutha
menjadi pepatih di segala penjuru dunia. Sebagai pemelihara dunia. Dan semuanya
mahasakti tidak terhingga. Bila di puja, diyakini, dan diresapi, maka Beliau
dapat ngrangsuk ke dalam badan. Dapat memberikan jalan menuju kebijaksanaan,
kewibawaan, kesaktian, kesidian, kawisesan, dan kemulyaan.
Inilah adanya beliau :
1. Yang paling tua berwujud yeh
nyom, yang disebut ANGGAPATI, yg menjadi patih di pura ulun suwi, yg bernama I
RATUNGURAH TANGKEB LANGIT, yang diikuti oleh Sang Bhuta Swadnya, Sang Bhuta
Swasti, Sang Bhuta Tenggara, Beliau sbg dewanya sawah, gunung, sbg pemelihara
dunia dan dipekarangan Beliau berstana di tugu (yg bertempat di barat laut) sbg
dewanya segala hewan, bila di dlm badan beliau berstana di Kulit yg disebut
Segare Tan Patepi dgn aksaranya “SANG” , berwujud Amerta Sanjiwani, rembesannya
keluar dalam bentuk keringat. Faedahnya adalah untuk membasmi segala
penderitaan, pada badan termasuk penyakit yang berat maupun penyakit yang
ringan. Demikian pula apabila mendapat penderitaan karena melakukan sumpah Cor,
dapatlah diampuni.. penjelmaan Beliau adalah berbentuk langit yg cemerlang,
menjadi damuh(air gerimis yg jatuh dr langit pada dini hari) demikianlah
saktinya I Ratu Ngurah Tangkeb Langit.
Sesaji/ banten aturan kepada Beliau
:
Ketipat dampulan matenggek, taluh bokasem, segehan kepelan putih me be bawang jahe.
Ketipat dampulan matenggek, taluh bokasem, segehan kepelan putih me be bawang jahe.
2. Yang paling wayanan ( yg lahir ke
2 ) berwujud Darah, yang bernama MRAJAPATI, kemudian menjadi patih di pura
Sada. Kemudian beliau bergelar I Ratu Wayan Tebeng, diikuti oleh Sang Bhuta
Usadi, Sang Bhuta Keli. Beliau sbg Dewatanya hutan, gunung, jalan, pintu
keluarnya rumah ( lebuh ), pohon kayu, segala tumbuh-tumbuhan. Dalam badan
Beliau berstana di dalam Darah. Sebagai Amerta Kamandalu, rembesannya adalah
Bayu. Aksarantya
“BANG”
Yang bernama Tampaking Kuntul Nglayang. Fungsinya adalah untuk menolak segala perbuatan jahat baik skala maupun niskala. Semua dapat di tolaknya. Penjelmaannya menjadi api unggun, gunung, hutan, jalan, pohon besar.
“BANG”
Yang bernama Tampaking Kuntul Nglayang. Fungsinya adalah untuk menolak segala perbuatan jahat baik skala maupun niskala. Semua dapat di tolaknya. Penjelmaannya menjadi api unggun, gunung, hutan, jalan, pohon besar.
Sesaji/ banten aturan kepada Beliau
:
Ketipat galeng dgn telur itik, segehan barak me be bawang jahe.
Ketipat galeng dgn telur itik, segehan barak me be bawang jahe.
3.Yang lahir madenan ( lahir no 3 )
berwujud Ari-ari yang bernama BANASPATI, menjadi pepatih di Pura Puseh. Beliau
bergelar I Ratu Made Jelawung. Diikuti oleh Sang Bhuta Prajapati, Bhuta
Bisrana. Beliau adalah dewatanya tanah tegalan, dewatanya perkebunan, dewatanya
penginih-inih, dan segala yg berbuat jahat musnahlah adanya. Termasuk orang
yang berbuat jahat di dalam pekarangan rumah, musnah adanya. Di dalam badan
Beliau berstana di dalam Daging, dan di semua lubang yg ada di badan. Aksaranya
adalah “TANG”
Kemudian disebut Galihing Kangkung. Rembesannya berbentuk rambut. Penjelmaan Beliau berwujud angin kencang, mahluk kecil ( gumatat-gumitit ), menjadi tegalan yg sangat luas, berwujud perkebunan yg pagarnya sangat sempurna, berwujud rumah besar yg bertembok tinggi.
Kemudian disebut Galihing Kangkung. Rembesannya berbentuk rambut. Penjelmaan Beliau berwujud angin kencang, mahluk kecil ( gumatat-gumitit ), menjadi tegalan yg sangat luas, berwujud perkebunan yg pagarnya sangat sempurna, berwujud rumah besar yg bertembok tinggi.
Sesaji/ banten aturan kepada Beliau
:
Ketipat gangsa, me be sate gede, segehan kepelan kuning me be bawang jahe.
Ketipat gangsa, me be sate gede, segehan kepelan kuning me be bawang jahe.
4.Yang lahir Nyomanan (lahir no 4)
berwujud Lamad ( Lamas )
Bernama BANASPATI RAJA, menjadi patih di Pura Dalem. Kemudian bergelar I Ratu Nyoman Sakti Pengadangan. Di ikuti oleh Sang Bhuta Grabwag, Bhuta Sundung, Bhuta Slusuh, Bhuta Sendra. Beliau sakti tiada tandingannya. Beliau sbg pemelihara dunia. Sbg dewatanya kuburan, dewatanya sungai, jurang , pamgkung, , dewatanya Dete, Tonya, Samar, dewatanya pantai, dewatanya semua jenis burung, dewatanya semua balyan pengiwa dan penengen. Beliau menciptakan kekuatan mantra. Di dalam badan Beliau berstana di Urat. Beliau perwujudan Amerta Maha Tirta. Rembesannya menjadi Maolah. Aksaranya adalah “ANG”
Artinya Isin Buluh Bumbang. Penjelmaannya berwujud lautan, sungai, burung, berwujud manusia spt kita , orang tua yg berkampuh poleng.
Bernama BANASPATI RAJA, menjadi patih di Pura Dalem. Kemudian bergelar I Ratu Nyoman Sakti Pengadangan. Di ikuti oleh Sang Bhuta Grabwag, Bhuta Sundung, Bhuta Slusuh, Bhuta Sendra. Beliau sakti tiada tandingannya. Beliau sbg pemelihara dunia. Sbg dewatanya kuburan, dewatanya sungai, jurang , pamgkung, , dewatanya Dete, Tonya, Samar, dewatanya pantai, dewatanya semua jenis burung, dewatanya semua balyan pengiwa dan penengen. Beliau menciptakan kekuatan mantra. Di dalam badan Beliau berstana di Urat. Beliau perwujudan Amerta Maha Tirta. Rembesannya menjadi Maolah. Aksaranya adalah “ANG”
Artinya Isin Buluh Bumbang. Penjelmaannya berwujud lautan, sungai, burung, berwujud manusia spt kita , orang tua yg berkampuh poleng.
Sesaji/banten aturan kepada Beliau :
Ketipat gong me be taluh meguling, sesari 11biji uang kepeng, rokok, segehan kepelan selem me be bawang jahe.
Ketipat gong me be taluh meguling, sesari 11biji uang kepeng, rokok, segehan kepelan selem me be bawang jahe.
5.Yang lahir ketutan ( no 5 paling
akhir )
Bernama BHUTA DENGEN. Menjadi pepatih di Pura Desa. Bergelar I Ratu Ketut Petung. Diikuti oleh Sang Bhuta Ngemban Nginte, Sang Ayu Draning, Beliau sbg Dewatanya Balang Tamak Bale Agung, dewanya Pelangkiran, dewanya Pasar, dewanya Tukang, sangging, undagi, pande, dewanya bale banjar, dan dewanya segala jenis Ikan.di badan Beliau berstana pada Tulang dan Sumsum, perwujudan Amerta Pawitra, rembesannya berwujud Rasa, aksaranya “ ING”
Yang di sebut Lontar Tanpa Tulis. Beliau sbg pemelihara kandungan, pemelihara diri sendiri. Beliau di benarkan membunuh musuh yg jahanam, pada diri kita. Penjelmaan Beliau berwujud Kilat, Bale agung, ikan, manusia laki-laki dan perempuan.
Bernama BHUTA DENGEN. Menjadi pepatih di Pura Desa. Bergelar I Ratu Ketut Petung. Diikuti oleh Sang Bhuta Ngemban Nginte, Sang Ayu Draning, Beliau sbg Dewatanya Balang Tamak Bale Agung, dewanya Pelangkiran, dewanya Pasar, dewanya Tukang, sangging, undagi, pande, dewanya bale banjar, dan dewanya segala jenis Ikan.di badan Beliau berstana pada Tulang dan Sumsum, perwujudan Amerta Pawitra, rembesannya berwujud Rasa, aksaranya “ ING”
Yang di sebut Lontar Tanpa Tulis. Beliau sbg pemelihara kandungan, pemelihara diri sendiri. Beliau di benarkan membunuh musuh yg jahanam, pada diri kita. Penjelmaan Beliau berwujud Kilat, Bale agung, ikan, manusia laki-laki dan perempuan.
Sesaji/ banten aturan kepada Beliau
:
Ketipat leket akelan, me be taluh bajongan, segehan brumbun me be bawang jahe.
Ketipat leket akelan, me be taluh bajongan, segehan brumbun me be bawang jahe.
Ini supaya di ingat, saktinya Beliau
SANGHYANG PANCA MAHABHUTA, bila di kehendaki dan ingin memiliki kesaktian
tersebut, wujudkanlah kekuatannya, masukkanlah di dalam badan, supaya menyatu
dengan kita, merokok tidak dibenarkan dalam mempelajari Ilmu
MANTRA PEMUJAAN DAN PERMOHONAN
TATA CARA DAN UPACARA
TATA CARA DAN UPACARA
Mantra pemujaan Beliau :
Ong Ang Ang Ong
Ong Ing Ong Ung Ang Ah Ah Tang
Ong Kyah Kyah Ong Shah
Ung Rung Reng Rong Wasat
Ong Ong Mang Wyang Syah
Ong Ing Ong Ung Ang Ah Ah Tang
Ong Kyah Kyah Ong Shah
Ung Rung Reng Rong Wasat
Ong Ong Mang Wyang Syah
Mantra permohonan kepada Beliau :
Ih I Ratu Ngurah Tangkeb Langit
I Ratu Wayan Tebeng
I RatuMade Jelawung
I Ratu Nyoman Sakti Pengadangan
I Ratu Ketut Petung
Aja sira lali asanak ring ulun
Apan ulun tan lali astiti bhakti ring sira
Wehan ta ulun panugrahan……… (sakti sidhi ngucap)
………………………………………………………………
Ong winursita rsyamuka
Angamet sarining amerta kusuma ya nama swaha
I Ratu Wayan Tebeng
I RatuMade Jelawung
I Ratu Nyoman Sakti Pengadangan
I Ratu Ketut Petung
Aja sira lali asanak ring ulun
Apan ulun tan lali astiti bhakti ring sira
Wehan ta ulun panugrahan……… (sakti sidhi ngucap)
………………………………………………………………
Ong winursita rsyamuka
Angamet sarining amerta kusuma ya nama swaha
Jangan di lecehkan, karena mantra
ini adalah ciptaan Beliau Bhatara Dalem.dapat dipergunakan sekehendak hati.
Tinggal menambahkan kalimat permohonan pd titik-titik tersebut di atas. Mau
sakti dalam segala hal perwujudan. Tidak dapat di tundukkan dalam segala
kewibawaan. Yang jauh dapat di buat dekat, yg dekat dapat di buat jauh, segala
yang ganas menjadi jinak.
Kemudian apabila berkehendak memuja
Beliau Sanghyang Panca Mahabhuta supaya segera menyatu dengan diri kita, pada
hari Sabtu Kliwon wuku Landep atau Hari Tumpak Landep ( hari piodalan Ida
Sanghyang Panca Mahabhuta )
Banten/ upakara/ aturan kpd Beliau :
Banten/sesaji banten ketupat seperti
yg telah disebutkan di atas tadi di tambah dengan :
-Rayunan satu pajeg ( be/ikan diolah sampai matang) ikan ayam, babi, itik
Boleh dipakai.
-Suci satu soroh
-Daksina gede satu dengan sesari 41 uang kepeng ( pis bolong )
-Permen/pemanisan satu dulang
-Rantasan secukupnya ( kain warna putih,merah,kuning, dan hitam )
-Segehan agung satu
- Ayam samumulung satu untuk samleh
-Tetabuhan arak-berem.
Dan juga banten pras pejati yg dihaturkan kehadapan Sanghyang Tiga Sakti dan leluhur kita, untuk mohon restu semoga Beliau semua berkenan dan Asung kerta wara nugraha.
Setelah sesajen diatas lengkap, kemudian diikuti dengan mantra2 danditambah dengan ucapan dgn bahasa sendiri sesuai permohonan. Permohonan itu hanya boleh diucapkan satukali saja yaitu kepada IDA IRATU NYOMAN SAKTI PENGADANGAN saja….karena Beliaulah nantinya yg akan memanggil saudara2nya untuk ikut merestui permohonan kita.
-Rayunan satu pajeg ( be/ikan diolah sampai matang) ikan ayam, babi, itik
Boleh dipakai.
-Suci satu soroh
-Daksina gede satu dengan sesari 41 uang kepeng ( pis bolong )
-Permen/pemanisan satu dulang
-Rantasan secukupnya ( kain warna putih,merah,kuning, dan hitam )
-Segehan agung satu
- Ayam samumulung satu untuk samleh
-Tetabuhan arak-berem.
Dan juga banten pras pejati yg dihaturkan kehadapan Sanghyang Tiga Sakti dan leluhur kita, untuk mohon restu semoga Beliau semua berkenan dan Asung kerta wara nugraha.
Setelah sesajen diatas lengkap, kemudian diikuti dengan mantra2 danditambah dengan ucapan dgn bahasa sendiri sesuai permohonan. Permohonan itu hanya boleh diucapkan satukali saja yaitu kepada IDA IRATU NYOMAN SAKTI PENGADANGAN saja….karena Beliaulah nantinya yg akan memanggil saudara2nya untuk ikut merestui permohonan kita.
Inilah cara-caranya :
Pertama-tama banten pras pejati
dihaturkan dihadapan pelinggih rong tiga katur ring Ida Sanghyang Tiga Sakti
atau ring padma, jg banten pras pejati di haturkan ke leluhur minta doa restu.
Selanjutnya sembahyang. Kemudian ucapkan mantra spt di bawah ini………….
Ih, I Ratu Ngurah Tangkeb Langit,
metu kita saking jagat wetan, ajakan waduanira, roang sira kabeh, apupul ring
pesamuan, manusanta angaturaken:
Ketipat dampulan matenggek, maulam taluh bokasem, segehan kepelan putih maulam bawang jahe.
Ketipat dampulan matenggek, maulam taluh bokasem, segehan kepelan putih maulam bawang jahe.
Ih, Iratu Wayan Tebeng, metu kita
saking jagat kidul, ajakan waduanira, roang sira kabeh, apupul ring pesamuan,
manusanta angaturaken: Ketipat galeng maulam taluh bebek, segehan kepelan barak
maulam bawang jahe.
Ih, I Ratu Made Jelawung, metu kita
saking jagat kulon, ajakan waduanira, roang sira kabeh, apupul ring pesamuan,
manusanta angaturaken: Ketipat gangsa, maulam sate gede, segehan kepelan kuning
maulam bawang jahe.
Ih, I Ratu Nyoman Sakti Pengadangan,
metu kita saking jagat lor, ajakan waduanira, roang sira kabeh, apupul ring
pesamuan, manusanta angaturaken:
Ketipat gong maulam taluh meguling, sesari 11biji uang kepeng, rokok, segehan kepelan selem maulam bawang jahe.
Ketipat gong maulam taluh meguling, sesari 11biji uang kepeng, rokok, segehan kepelan selem maulam bawang jahe.
Ih, I Ratu Ketut Petung, metu kita
saking jagat madya, ajakan waduanira, roang sira kabeh, apupul ring pesamuan,
manusanta angaturaken: Ketipat leket akelan, maulam taluh bajongan, segehan
kepelan brumbun maulam bawang jahe.
Tiosan saking punika wenten malih
aturan manusanta mekadi suci asoroh, daksina gede, rayuna lan pemanisan,
rantasan, segehan agung muang penyambleh ayam samumulung, metetabuhan arak
berem.
Ajasira lali asanak ring ulun, Apan
ulun tan lali astiti bakti ring sira, Wehan ta ulun
panugrahan………………………………………………….. ( titik2 disi dgn permohonan menurut bhs
nasing2 ) , Ong Winursita resyamuka angamet sarining amerta kusuma ya nama
swaha.
Mantra diatas di ucapkan ber ulang-
ulang secara pelan dan lirih , penuh dgn konsentrasi, sambil menghayati dan
meresapi setiap katanya. Bila diterima kita akan merasakan suatu sensasi
spiritual. Setiap org akan merasakan sensasi atau getaran yg berbeda.
Dan inilah ciri-ciri kalau Beliau telah menyatu pada kita :
Dan inilah ciri-ciri kalau Beliau telah menyatu pada kita :
Bila terasa badan kita besar dan
keluar keringat seketika, tandanya beliau I Ratu Ngurah Tangkeb Langit telah
menyatu pada diri kita. Segala penyakit dan penderitaan musnahlah adanya.
Bila terasa panas pada telinga, dan
terbelalak rasanya mata, tidak mampu berkedip, tandanya beliau I Ratu Wayan
Tebeng menyatu pada diri kita, segala mara bahaya dan penyakit di tolaknya.
Bila terkejut dan merasa takut, bulu
kuduk berdiri seperti angin dingin, tandanya beliau I Ratu Made Jelawung
menyatu pada diri kita, segala penyakit yang berasal dari upas dan cetik musnah
semuanya.
Bila berdenyut pada kemaluan, dan
hidup secara tiba-tiba, berat rasanya badan, seolah-olah ingat dan rindu pada
sesuatu yg bersifat gaib, tandanya beliau I Ratu Nyoman Sakti Pengadangan
menyatu dengan diri kita. Tidak takut dalam segala bentuk tantangan.
Bila tiba-tiba kita menjadi pintar,
mampu berbicara banyak, pembicaraan yang halus dan manis, tandanya I Ratu Ketut
Petung menyatu pada diri kita. Segala penderitaan sirna adanya.
Inilah cirri-ciri beliau pada alam
semesta raya ini :
Bila kita merasakan atau mencium bau
yang harum seperti bau bunga, kemudian megledug seperti jatuhnya buah kelapa ,
seperti suara bedeg diinjak-injak, itu semua adalah pengikut I Ratu Nyoman
Sakti Pengadangan. Beliau memanggil saudaranya semua, untuk mau menyatu pada
diri kita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar